fbpx

Pilih Bahasa :  Indonesia bahasa indonesia Englishbahasa inggris

Aug 27

Tempat Wisata di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi untuk Kamu Pecinta Hewan!

1. Zoomanji Bandung

zoomanji

Tempat yang pertama, adalah Zoomanji Bandung yang berada di area Dago Dreampark. Nah bagi kamu pecinta hewan, wajib banget kesini. Karena di mini zoo ini terdapat berbagai hewan unik yang mungkin kamu belum pernah lihat seperti red fox, axolotl, guinea pig, ostrich, dan masih banyak lagi. Selain melihat hewannya, kamu juga berinteraksi langsung sekaligus feeding animal loh.  Zoomanji Bandung juga cocok buat si kecil yang mau berwisata edukasi di alam sekaligus bermain di 30 lebih wahana seru yang ada di Dago Dreampark loh. Wahana anak yang ada di Dago Dreampark antara lain Pine House (Playground), Battle Ship, Flying Horse, Choo-choo Train dan Geard Up.

Tidak hanya itu, masih banyak lagi wahana seru untuk dicoba seperti Tarzan Cross, Flying Fox, Monster Trail, ATV Offroad, Moto Warrior dan masih banyak lagi. Banyak juga spot foto yang unik dan menarik seperti Aladdin Carpet, Sky Bike, Up House dan lainnya. Tiket masuk Zoomanji Bandung hanya Rp.35.000 per orang loh. Murah banget kan? Kalo kamu main di Dago Dreampark, ada juga bus wara-wiri yang bisa kamu cobain untuk menuju Zoomanji yaa. Harganya hanya Rp.10.000 per orang. Tunggu apalagi, yuk langsung aja dating ke Dago Dreampark.

Alamatnya di Mekarwangi, Jl. Dago Giri No.Km. 2.2, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Jam buka nya pukul 09.00 – 17.00 WIB di weekdays dan pukul 08.00 – 18.00 di weekend/hari libur tanggal merah. Yuk ramaikan liburanmu dan keluarga di Zoomanji Bandung dan Dago Dreampark.

 

2. Lembang Park & Zoo

lembangparkzoo

Lembang juga punya banyak tempat wisata yang seru banget. Salah satunya , yang buka mulai akhir Desember 2019 lalu. Meski terhitung baru, Lembang Park and Zoo langsung populer bagi banyak wisatawan, baik lokal maupun dari daerah lainnya seperti Jakarta. Maklum, konsep Lembang Park and Zoo memang unik banget dan enggak seperti kebun binatang biasa pada umumnya. Sesuai namanya, Lembang Park and Zoo mengombinasikan taman wisata yang luas dengan kebun binatang. Jadi pengunjung tidak hanya bisa bertemu dengan binatang saja, tetapi beraktivitas santai dengan berbagai fasilitas yang tersedia di Lembang Park and Zoo, dari naik kano di danau buatan, naik kuda, hingga berkeliling area Lembang Park and Zoo yang luas dengan scooter.

Serunya, di Lembang Park and Zoo juga tersedia banyak restoran dan kafe yang istimewa, karena sambil makan kamu bisa melihat berbagai satwa di balik dinding kaca. Ada juga Neko Cat Cafe yang merupakan kafe di mana kamu juga bisa bermain dengan banyak kucing lucu dan terawat yang dipelihara di sini! Selain itu, Lembang Park and Zoo juga punya tempat-tempat bermain untuk anak-anak, dari Playground outdoor, Kereta Mini, Storyland yang punya banyak wahana seru, hingga sekolah riding untuk anak. Harga tiket masuk Lembang Park and Zoo sendiri cukup murah karena hanya Rp 50.000 untuk Senin-Jumat dan Rp 70.000 untuk weekend, tanggal merah, atau cuti bersama. Anak-anak dengan tinggi di bawah 80cm juga bisa masuk gratis! Tapi perlu dicatat kalau ada fasilitas-fasilitas di Lembang Park and Zoo yang punya tiket terpisah dan tidak termasuk biaya tiket masuk yah. Termasuk tiket masuk ke Rabbit House dan tiket masuk Bird Aviary yang harus dibeli terpisah. Namun kalau kamu malas bayar-bayar lagi di dalam, kamu bisa beli  seharga Rp 115.000 untuk weekday dan Rp 129.000 untuk weekend. Tiket ini termasuk tiket masuk Bird Aviary, tiket masuk Rabbit House, tiket untuk aktivitas Elephant Feeding, dan 1x pengalaman naik kuda poni.

 

3. Kebun Binatang Bandung

kebunbinatangbandung

Berwisata di kebun binatang memiliki banyak manfaat sehingga sampai sekarang kebun binatang masih terus dipadati pengunjung. Lokasi kebun binatang ini cukup mudah dijangkau, yakni berada di Jl. Kebun Binatang No. 6, Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Bandung. Kebun binatang ini cukup luas dan memiliki lingkungan yang menyegarkan sehingga kamu akan betah berkeliling di sini. Untuk masuk ke dalam kebun binatang ini, kamu perlu membayar sebesar Rp50.000. Namun, anak-anak yang memiliki tinggi badan kurang dari 80 cm tak perlu membayar biaya masuk.

Di Kebun Binatang Bandung, pengunjung dapat melihat banyak sekali satwa seperti singa, rusa, jerapah, gajah, harimau, zebra, unta, monyet, orang utan, berbagai unggas, hingga satwa-satwa unik yang jarang dijumpai seperti kucing kuwuk, antelop, tapir, dan binturong. Selain dapat menjumpai hewan yang menggemaskan, Kebun Binatang Bandung juga menyediakan animal show, kegiatan memberi makan satwa, serta fasilitas menunggangi kuda, gajah, dan unta. Anak-anak pasti akan senang beraktivitas di sini. Semoga informasi di dalam artikel ini dapat menjawab rasa penasaranmu mengenai Kebun Binatang Bandung buka jam berapa 2023. Setelah mengetahui jam buka dan berbagai informasi tentang kebun binatang ini, ajaklah keluargamu untuk berkunjung, ya!

 

4. Lactasari Mini Farm & Bird Park

lactasariminifarm

Lactasari Mini Farm adalah sebuah destinasi wisata yang sangat cocok dikunjungi oleh anak-anak karena menawarkan pengalaman seru. Destinasi wisata Bandung ini banyak dikunjungi oleh orang tua sebagai alternatif. Karena lokasi Lactasari Mini Farm ini ada di Mall Paris Van Java, orang tua bisa berbelanja tanpa takut dan khawatir. Anak-anak bisa bermain dengan aman karena bisa dijangkau oleh orang tua. Banyak orang tua yang sengaja mengajak anaknya untuk mengunjungi wisata ini karena mengajarkan sang anak untuk dekat dengan hewan. Wah, jadi penasaran fasilitas apa saja yang ada di tempat ini sehingga sangat cocok untuk dikunjungi oleh para orang tua. Untuk mengunjungi wisata yang menawarkan pengalaman beternak kepada anak, Anda diharuskan membayar harga tiket masuk Lactasari Mini Farm. Biaya tiket yang harus Anda keluarkan sekitar Rp 60.000 per anaknya. Dengan biaya masuk 60.000 rupiah, maka sang anak sudah dilengkapi beberapa fasilitas untuk beternak seperti celemek, satu keranjang sayur mentah. Dan minuman yang akan diberikan kepada hewan-hewan yang ada di Lactasari Mini Farm.

Anak juga akan diberikan satu botol susu sapi yang bisa diminum selama beraktivitas di dalam tempat wisata. Nah, jika orang tua ingin mendampingi sang anak bermain dengan hewan di dalam Lactasari Mini Farm. Maka Anda harus membayar biaya masuk sendiri sekitar Rp 10.000. Namun harga tiket masuk di Lactasari Mini Farm ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Sebaiknya pengunjung mencari informasi terupdate sebelum berkunjung. Alamat Lactasari Mini Farm berada di Jl. Sukajadi No.131-139, Cipedes, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung. Dari pusat kota ke tempat wisata ini hanya membutuhkan waktu sekitar 17 menit saja karena jaraknya hanyalah sekitar 7 km.

Dari pusat kota Bandung ini, Anda bisa mengambil arah timur di Jl. Gudang Selatan menuju Jl. Jendral Ahmad Yani. Setelah itu, Anda bisa mengambil arah ke Jl. Gudang Utara dan lurus saja sampai melewati BPK PENABUR Bandung Secretariat Office. Sekitar 650 meter itu, Anda bisa belok kiri ke Jl. Cilamaya Setelah itu, Anda bisa mengambil arah ke Jl. Layang Pasupati dan ambil jalan keluar menuju Sukajadi. Terus saja ambil kanan di pertigaan untuk melanjutkan di Jl. Pasteur. Dari Jl. Pasteur belok kiri hingga ke Jl. Dr. Otten. Dari Jl. Dr. Otten belok kanan menuju ke Jl. Westhoff dan terus saja hingga ke Jalan Sukajadi. Nah, Lactasari Mini Farm yang berada di atas Mall Paris Van Java ini ada di sebelah kiri. Kebun Binatang Mini Paris Van Java ini dibuka setiap harinya, baik weekdays maupun weekend. Dengan jam operasional mulai dari pukul 10.00 hingga 20.00 WIB pada hari biasa. Sedangkan pada akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu dibuka mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

 

5. Taman Kupu-Kupu Cihanjuang

tamankupu kupu

Taman Kupu Kupu merupakan salah satu tempat wisata menarik yang wajib teman teman kunjungi ketika berkunjung ke provinsi jawa barat, taman ini sangat recomended untuk melihat keindahan sayap sayap kupu kupu yang beterbangan. Spesies kupu kupu disini sangat unik, walaupun belum sepenuhnya termasuk ke dalam status langka. disini kita tidak hanya bisa melihat kupu kupu, tetapi kita juga bisa mendapat edukasi khusus tentang dunia kupu kupu dan segala seluk beluk yang berkaitan dengan kupu kupu. Tempat wisata ini memang masih sangat begitu sejuk dan rindang, apalagi ditambah lagi dengan design interior taman kupu kupu yang ditata dengan begitu rapi sehingga terlihat detail dan menarik.

Taman Kupu Kupu Cihanjuang berada di sebuah jalan yang bernama Jalan Cihanjuang Cibaligo Permai Raya No.58, Kelurahan Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Tempat wisata ini terletak di bagian sebelah timur wilayah Kabupaten Bandung, yaitu berada dekat dengan wilayah Kota Bandung dan juga Kota Cimahi. 

 

6. Ranca Upas

rancaupas

Ranca Upas adalah suatu tempat didataran tinggi yang berlokasi di Jalan Ciwedey Patengan No. KM 11. Tempat ini adalah tempat yang pas untuk menikmati keindahan suasana alam Bandung Selatan serta berkemah disana. Dengan lahan seluas mencapai 215 Hektar ini, tempat ini sangat cocok dikunjugi banyak rombongan dan beramai-ramai. Dikawasan berdirinya Ranca Upas Bandung merupakan kawasan hutan lindung untuk melindungi spesies tanaman dan pohon yang ada disana. Dalam hal ini kawasan wisata Ranca Upas turut andil dalam pelestarian serta konservasi berbagai tumbuhan yang langka sehingga para wisatawan juga bisa melihat serta mendapatkan berbagai edukasi.

Tanaman langka yang akan ditemukan oleh para pengunjung tempat wisata di Bandung satu ini antara lain Hamirug, Kihujan, Kitambang, Jamuju, dan lain sebagainya. Bukan hanya flora langka, disana juga terdapat hewan yang dilindungi yaitu rusa serta burung yang bisa Anda saksikan keberadaanya. Anda bisa datang ke Ranca Upas baik menggunakan kendaraan pribadi roda dua ataupun empat, maupun menggunakan moda transportasi umum seperti bus rombongan. Hal ini dikarenakan akses jalan ke Ranca Upas sudah sangat baik dan aman untuk dilewati.

Jika Anda memulai perjalanan start dari pusat Kota Bandung, maka setidaknya Anda akan menghabiskan perjalanan selama 2 jam dalam keadaan lalu lintas normal. Jarak yang akan Anda tempuh ke tempat wisata dataran tinggi ini adalah sekitar 45 Km jauhnya. Jika Anda menempuh perjalanan menggunakan bus, maka Anda bisa memulai perjalanan di Terminal Leuwipanjang menuju ke rute perjalanan hingga sampai di Terminal Ciwedey. Kemudian dari terminal tersebut, perjalanan Anda kurang lebih hanya 5km saja. Menariknya, meskipun ini merupakan wisata bentang alam yang biasanya susah transportasi umum, Anda tetap bisa kok menggunakan transportasi umum setelah turun dari bis di Terminal Ciwidey.

 

7. Happy Farm Ciwidey

happyfarm

Happy Farm Ciwidey merupakan salah satu destinasi wisata alam dan edukasi Kota Bandung yang wajib anda kunjungi. Memiliki konsep yang hampir sama dengan wisata alam pada umumnya dengan perpaduan unsur edukasi peternakan yang sangat menarik. Menjadikan destinasi wisata ini sangat sesuai menjadi tujuan wisata keluarga, terutama bagi anak-anak. Tidak kalah bagus dari Lembang, kawasan Ciwidey juga menjadi salah satu primadona wisata Kota Bandung. Dengan udaranya yang sejuk serta alam yang indah, maka tidak heran jika kawasan ini menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan untuk menghabiskan waktu libur akhir pekan ataupun libur panjang.

Berdiri pada tanah seluas tiga hektar, Happy Farm memiliki beragam jenis wahana menarik, seperti candy house, petting zoo, taman kelinci, menyusui anak sapi, bermain dengan domba, menunggang kuda mini, dan lain sebagainya.  Para pengunjung pun dapat memberi makan kelinci serta bermain dengan domba moreno sekaligus berfoto ria bersama mereka. Menariknya lagi, pada wahana candy house dapat berfoto ala-ala kekinian dengan dukungan ornamen yang hadir dalam warna cerah. Warna bangunan yang terang dan cerah membuat kawasan ini cukup menarik perhatian. Memiliki bentuk seperti bangunan rumah biasa, akan tetapi secara keseluruhan bangunan ini hadir dengan warna cerah, yakni merah muda.

Pada sisi bangunan terdapat tempelan aksesoris yang berbentuk permen warna-warni, yang sangat menarik untuk anda jadikan sebagai tempat swafoto. Lokasi destinasi wisata Happy Farm tepatnya berada di Jalan raya Ciwidey, Panundaan, Bandung. Untuk dapat menikmati daya tarik dari Happy Farm, para pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 20 ribu. Dengan tiket tersebut, nantinya dapat anda tukar dengan menu makanan yang terdapat pada foodcourd atau bisa juga anda tukar dengan susu segar. Selain itu, para pengunjung juga dapat memberi makan pada hewan yang terdapat dalam destinasi wisata ini. Bahan makan tersebut dapat anda beli dengan harga kurang lebih Rp 15 ribu. Untuk mendukung liburan para wisatawan, terdapat dukungan fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas tersebut terdiri dari restoran, mushola, toilet, dan lain sebagainya. Dengan beragam daya tarik yang ada pada destinasi wisata Happy Farm Ciwidey, dapat menjadi tujuan menarik liburan akhir tahun anda kali ini. Dengan mengajak semua anggota keluarga, anda dapat menikmati wisata pegunungan sembari bercengkrama dengan berbagai jenis hewan yang tentunya akan menjadi petualangan tersendiri bagi buah hati anda.

 

Research: 

  • -          keluyuran.com
  • -          kumparan.com
  • -          klook.com
  • -          sikidang.com
  • -          wisato.id
  • -          wisataidn.com
  • -          harapanrakyat.com

 

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.