fbpx

Pilih Bahasa :  Indonesia bahasa indonesia Englishbahasa inggris

Aug 11

Rekomendasi 6 Restoran Sunda di Bandung, Raos Pisan!

1. Resto De java

restodejava

Resto De Java merupakan restoran makanan yang terletak di destinasi wisata hutan pinus yang paling dekat dengan Kota Bandung yaitu Dago Dreampark. Disini kamu bisa menyantap berbagai hidangan lezat seperti nasi timbel ayam atau ikan, gurame bakar, tempe mendoan, paket tumpeng keluarga, aneka dimsum, paket nasi botram dan lain-lain. Selain itu, disini tersedia berbagai minuman segar yang dapat menghilangkan haus kamu. Karena resto ini berada di area Dago Dreampark, kamu bisa bermain dan eksplor spot foto yang ada disana loh. Ada sekitar 30 wahana lebih yang seru dan ekstrim yang bisa kamu coba. Beberapa rekomendasi wahana outbond seperti Tarzan Cross, Flying Fox, Monster Trail, ATV Offroad, Moto Warrior dan masih banyak lagi. Selain itu banyak spot foto yang unik dan menarik seperti Aladdin Carpet, Sky Bike, Up House dan lainnya. Jika kamu membawa si kecil kesini juga bisa bermain sambil wisata edukasi, karena terdapat wahana baru yaitu Zoomanji di area Dago Dreampark. Harga tiketnya pun terbilang murah meriah, hanya dengan Rp.35.000 saja bisa masuk ke zoomanji dan feeding animal. Di mini zoo tersebut terdapat hewan yang mungkin sebelumnya belum pernah kamu lihat seperti red fox, axolotl, guinea pig, ostrich, dan masih banyak lagi. Setelah bermain seharian di Dago Dreampark, kamu dan keluarga dapat bersantap di Resto De Java ini untuk mengembalikan tenaga agar dapat mengeksplor lebih banyak wahana lagi di Dago Dreampark.

 

2. Warung Nasi Ibu Imas

warungibuimas

Salah satu rumah makan di Jalan Balonggede, Kecamatan Regol ini bisa menjadi rekomendasi. Rumah makan dengan Aneka ragam masakan khas Sunda ini memang selalu menjadi andalan masyarakat bandung. Di tempat ini terdapat puluhan menu khas dari berbagai daerah di tanah Sunda. Ada masakan ala priangan, dengan sambal karedoknya yang jadi menu andalan. Tempat legendaris bernama Warung Nasi Ibu Imas ini memang selalu ramai saat jam makan tiba. Popularitas nya punya  tak pernah redup dari zaman ke zaman. Tak hanya warga lokal, para wisatawan luar kota turut memenuhi kedai yang sudah berdiri sejak tahun 1980 ini. Salah satu yang menjadi andalan adalah sambal karedoknya. Sambal ini dibuat dari terong-terongan bernama leunca. Rasanya yang kaya menciptakan sensasi lezat saat diolah bersama terasi, cabai, dan bawang langsung terasa nagih. Selain itu, ada juga gepuk sampai sup kikil yang juga banyak dipesan oleh pelanggan. Harga makanan di rumah makan ini terbilang terjangkau. Berbagai menu di tempat ini bisa didapatkan dengan harga Rp3 ribu sampai Rp64 ribu saja. Warung Nasi Ibu Imas buka mulai pukul 07.00 WIB sampai 20.00 WIB. Saat Anda berkunjung kesini, jangan lupa untuk mencicipi sayur jukut goreng yang unik sebagai pelengkap menu makan.

3. Raja Rasa

rajarasa

Duduk lesehan di sebuah saung Restoran Raja Rasa di Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, untuk sesaat seakan berada di desa di daerah Sunda: ada saung beratap alang-alang, tempat lesehan, kolam dengan air yang gemericik, serta alunan musik tradisional Sunda. Meski artifisial, bagi warga Jakarta yang rindu suasana pedesaan, berada di tempat itu mungkin sedikit memuaskan kerinduan tersebut. Raja Rasa juga memanjakan mata pengujungnya dengan sejumlah dekorasi dan koleksi barang antik. Restoran ini menyatakan dirinya berkonsep butik-galeri. Ruangan restoran dilengkapi dekorasi barang-barang antik serta barang seni lainnya. Industri restoran yang sangat kompetitif memang menuntut inovasi cerdas. Kualitas rasa tentu saja di atas segalanya. Namun, rasa saja tidak cukup, suasana tak kalah penting agar pengunjung nyaman dan betah. Raja Rasa berupaya mengemas dua hal itu, rasa dan suasana. Meski cara adopsi suasana desa dalam bentuk saung dan meja lesehan sudah jamak dilakukan pengelola restoran. Raja Rasa dengan menu utama sea food dan aneka masakan sunda mengajak pengunjung bergoyang lidah. Pilihan jenis makananya beragam dari kerang, kepiting, krapu, baronang, bawal, udang, cumi, gurami, sate (ayam dan kambing), sampai sop buntut dan sop iga. Selain aneka menu utama itu, ada tahu boom dan tahu berbumbu, dua jenis makan penggugah selera (appetizer) yang menjadi menu favorit. Tahu boom sesungguhnya merupakan tahu isi ikan dan udang serta sebuah cabe berukuran jumbo.

4. Dapoer Pandan Wangi

dapoerpandanwangi

Satu lagi restoran bernuansa Sunda di kota kembang ialah Dapoer Pandan Wangi, yang juga mempunyai beberapa cabang restoran. Contoh lokasinya ialah di Jln. Terusan Pasirkoja No. 380 dan Jln. Patuha No. 38 sekitar Gatot Subroto. Rumah makan enak di Bandung ini bagus untuk acara-acara keluarga dan reuni alumni. Rentang harga masakannnya ada kurang lebih Rp100.000 dan dia mempunyai menu yang bervariasi agar kamu tak bosan. Gaya tradisional yang Dapoer Pandan Wangi suguhkan kepada para pengunjungnya serta hidangan yang lezat dijamin akan memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk kamu. Menu utama di Dapoer Pandan Wangi adalah hidangan ayam, mulai dari ayam goreng, ayam ungkep, dan ayam bakar. Dia pun mempunyai hidangan seafood semisal ikan gurame rica, gurame acar, dan udang kangkung. Ditambah lagi dengan menu sayuran berupa karedok, tumis campur, dan pepes tahu. 

5. Warung Taru

warungtaru

Warung makan sederhana yang punya sajian tradisional dan sedap. Tak jauh dari terminal Dago. Sesuai dengan namanya, bagunan tempat makan ini serba kayu. Bagian dalam ditata dengan furnitur kayu vintage, bangku panjang dan meja bundar. Yang menarik, salah satu sisinya setengah terbuka sehingga semilir sejuk angin dan pemandangan lembah hijau jadi bonus saat bersantap. Menu di warung ini berupa jajanan sederhana dan populer. Selain nasi kastrol, juga ada nasi uduk, nasi pecel, nasi kuning, nasi timbel dan nasi sop ayam. Kalau ingin ngemil ada berbagai variasi roti bakar, bubur ketan hitam, tempe, singkong dan tahu goreng. Yang wajib dicoba di warung ini adalah aneka gorengan. Seperti tahu isi, bala-bala, tempe mendoan dan tahu goreng bumbu. Karena digoreng saat dipesan, maka harus bersabar sekitar 15 menit untuk menikmati camilan ini. Nasi timbel disajikan dengan ayam goreng, tahu goreng, sambal, lalap mentimun dan kemangi. Aroma harum daun pisang menguar saat bungkusan nasi dibuka. Pulen hangat dan makin enak disuap dengan ayam goreng yang gurih dan tahu goreng yang lembut. Buat pencinta pisang goreng, wajib mencicipi pisang goreng warung ini. Dibuat dari pisang tanduk masak yang digantung di sisi warung. Saat dipesan barulah dikupas, diiris dan digoreng dengan balutan tepung renyah.

6. Warung Cepot

warungcepot

Warung Cepot adalah restoran yang menyajikan makanan khas nusantara, lebih tepatnya khas sunda. Disebut Warung Cepot karena restoran ini memakai tokoh wayang golek yaitu Cepot sebagai hiasan di restorannya. Warung Cepot memiliki aneka pilihan paket yang enak dengan pilihan daging dan sayuran yang beragam. Makanan dalam bentuk memudahkan untuk kamu dalam memilih menu. Tapi kalau kamu juga bisa pesan satuan kok. Kalau kamu ingin mencoba makanan khas sunda dari Warung Cepot tapi nggak bisa datang langsung, mereka juga melayani pesanan delivery. Di Bandung terdapat dua RM Warung Cepot, dan keduanya selalu ramai menjelang jam makan siang. 

 

Research: 

-        Keluyuran.com

-    Nibble.id

-    radarkaur.disway.id

-    kompas.com

-    fnbpreneur.id

food.detik.com

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.